Sabtu, 04 Juni 2011

Ratusan Warga Minggu Pagi Gelar Aksi Bersih

"Semangat Gotong Royong  Tergantung Pemimpin Wilayahnya "
Tanjung Priok- Aksi gotong royong dengan aksi bersih setiap hari minggu sudah menjadi rutinitas warga untuk membersihkan lingkungannya. Kerja bakti gotong royong ini sudah menjadi tradisi bahkan menjadi salah satu hubungan tali silahturahmi antar warga. Namun bisa saja kerja bakti diwilayah tak optimal kalau si pemimpin wilayah tak mau tahu atau masa bodoh.

"Warga akan selalu semangat untuk kerja bakti, apalagi pemimpin wilayahnya baik Lurah dan Camat ikut bersama, karena dengan hadirnya pemimpin wilayah ini, wargapun semangat karena diperhatikan dan peduli" kata Amiruddin Ketua RT 1/5 Semper Barat, Cilincing disela - sela aksi bersih saluran air di Jalan Tipar Cakung yang langsung dimonitoring lurah.

Menurutnya, peran lurah atau Camat sangatlah berpengaruh dan bisa memberikan motivasi warga semangat dalam membersihkan lingkungannya.

Hal senada juga disampaikan Sutrisno 34, warga Kamal Muara,Penjaringan  jika kerja bakti atau gotong royong ikut dipantau oleh lurah atau camatnya maka akan tumbuh semangat di warga untuk bekerja. Tapi kalau lurah atau camatnya tak pernah ikut apalagi datang ke wilayah, sudah barang tentu penyakit malas akan timbul.

"Kalau kerja bakti Lurah dan Camatnya ikut memantau dan bersama warga sudah pasti warganya yang datang akan banyak, namun berbeda jika ketua RT atau RW yang menyuruh, sering kali dianggap sepele" tuturnya.

Kelik Sutanto Lurah Semper  Barat maupun M.Effiskal Camat Koja saat ditemui disela-sela pemantauan aksi gotong royong setiap minggu pagi menjelaskan, monitoring aksi bersih ke sejumlah wilayah setiap hari minggu sudah menjadi program rutinitas untuk melihat dari dekat partisipasi warga untuk menjaga lingkungannya tetap bersih. Dan dibernarkan jika sosok lurah atau camat hadir dikegiatan tersebut sangat memberikan motivasi dna semangat kerja bagi masyarakat.

"Mereka sangat senang karena kerja keras untuk membersihkan lingkungannya diperhatikan" tutur Effiskal.

Hasil pemantauan sejumlah lokasi yang menggelar aksi kerja bakti terlihat di Jalan Tipar Cakung, Komplek UKA Tugu Utara, Koja, Jalan Raya Plumpang B ,RBS, Jalan Teluk Gong RW 4 Pejagalan, RW 11 Muara Angke , Pluit dan  Jalan Kelapa Hibrida Kelapa Gading Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar