Sabtu, 27 Agustus 2011

Ratusan Buruh KBN Carter Bus Demi Kenyaman Mudik

SUKAPURA- Ratusan buruh KBN yang hari ini  memasuki liburan lebaran, mulai melakukan persiapan untuk mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari Idul Fitri. Sebagain besar pemudik ini melakukan carter (sewa) bus Pariwisata maupun sewa mobil Pribadi. Namun ada juga yang melalui jalur terminal angkutan penumpang. Meski harus mengeluarkan biaya lebih mahal ketimbang melalui jalur terminal, mereka tetap merasakan kenyamanan dan keamanan dengan sewa bus pariwisata."Kami ini mencarter 3 bus Pariwisata ekslusif. Meski harus mengeluarkan biaya mahal,namun perjalanan kami nyaman sampai tujuan mas! ujar Ifa 28, Buruh PT Tainan 3 di KBN Cakung.

Menurutnya dengan melakukan carter bus ini ia bisa membawa bekal yang sudah terbungkus dalam kardus sebagai oleh-oleh lebaran."Kalau lewat terminal barang bawaan kita dibatas mas! tapi dengan bus carteran ini tidak ada pembatasan untuk bawa barang, dan langsung sampai ke tujuan dekat rumah kami" ujarnya.

Para buruh ini rela harus mengeluarkan kocek lebih dari harga tiket bus melalui terminal. Rata-rata mereka menyewa secara patungan hingga belasan juta. "Untuk mencarter ke Solo dengan bus Pariwisata ini kami menyewanya dengan harga Rp 15 juta" tutur Lila 23, buruh PT. Tainan III.

Sedikitnya ada 10 ribu buruh KBN yang melakukan carter kendaraan bus pribadi. Sebagain besar menuju ke dalam pulau jawa dan luar pulau jawa seperti ke Solo, Surabaya, Nusa Tenggara dan pulau Sumatera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar