Rabu, 29 Juni 2011

Liburan Isra Miraj, Peziarah Datangi Masjid Al-Alam Marunda

MARUNDA- Menyambut hari libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada hari ini 29/6/2011 berbagai aktivitas dilakukan oleh warga untuk mengisi liburan. Salah satunya berziarah ke Masjid Al-ALam Marunda di Kampung Marunda Pulo RW 7, Marunda Jakarta Utara. Masjid ini seringkali disebut Masjid Si Pitung, Masjid Al Alam 2, dan Masjid Al Auliya. Beberapa catatan sejarah menyebutkan, masjid ini dibangun Fatahillah pada tahun 1527.

Dikisahkan, ketika itu Fatahillah bersama pasukannya yang berasal dari Banten datang ke tepi pantai Marunda untuk menghadang armada Portugis yang akan mendarat di lokasi itu. Selain diiringi pasukannya, Fatahillah juga ditemani beberapa orang Waliyullah yang memiliki karomah tinggi. Tetapi Fatahillah tidak menempatkan pasukannya hanya di satu lokasi. Sebagian pasukannya dikonsentrasikan di beberapa lokasi yang berjauhan. Tujuannya agar mempermudah pengintaian seandainya armada Portugis tidak persis mendarat di Marunda.

Seluruhnya ada 7 lokasi. Tetapi hanya 4 lokasi saja yang hingga kini diketahui keberadaannya, yaitu di kawasan Pasar Baru (sekitar 25 km dari Masjid Al Alam 2), Masjid Al Alam 1 (sekitar 3 km dari Al Alam 2) dan di daerah Bojong (10 km dari Masjid Al Alam 2). Sedangkan Fatahillah bermarkas di Marunda. Fatahillah dikenal pula sebagai pendiri Kota Jakarta. Masjid ini pernah pula dijadikan markas pasukan Mataram sebelum menyerbu Batavia.

"Setiap ada tanggal merah islam, kami bersama keluarga kemari untuk berziarah dan melihat keadaan Masjid Al-alam mas! usai ziarah bisa berwisata ke laut" tutur Imah 45, warga Babelan, Bekasi Utara. Begitupun disampaikan Murti 39, warga Koja Jakarta Utara. Ia memilih berwisata ziarah ke Masjid Al-Alam selain lokasinya dekat dari tempat tinggalnya, juga ingin melihat seperti apa kondisi masjid yang usianya sudah ratusan tahun."Ternyata Masjid Al-Alam banyak karomahnya, luar biasa, apalagi air sumurnya tak pernah kering" ujarnya.

Usman 49, Ketua RT 3/7 Marunda menjelaskan  selain hari libur keagamaan islam, malam Jum,at maupun menyambut datangnya bulan Ramadhan banyak orang yang datang ke Masjid Al-Alam untuk berziarah atau berwisata rohani. Ziarah ini sudah berlangsung lama selama puluhan tahun. Bahkan adanya Masjid tersebut telah banyak membantu ekonomi warga sekitar untuk menjajahkan barang dagangannya seperti warung makan dan lainnya."Masjid Al-Alam banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah dan wilayah lainnya, karena masjid ini banyak mempunyai nilai sejarah perjuangan dan penyebaran agama islam" ujarnya. (Bian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar