Kamis, 30 Juni 2011

Pak Ogah Kuasai Jalan Strategis Di Jakarta Utara

TANJUNG PRIOK- Pengatur jalan dengan meminta uang jasa kepada pengguna jalan atau disebut 'Pak Ogah' hampir mengusai di sejumlah akses jalan strategis maupun jalan alternatif. Karena ulahnya itu jalan menjadi macet dan dikeluhkan. Bahkan pak ogah ini tak segan-segan meminta secara paksa kepada mobil yang tidak memberikannya uang. Pengguna jalan meminta agar petugas untuk menindaknya serta mengambil alih untuk pengaturan arus lalulintas.


"Kesel aja kalau ada pak ogah, mereka cuma mau mengatur kalau si pengemudinya memberi uang, bahkan kalau akses jalan lagi macet mereka kesempatan untuk mencari uang dengan paksa" tutur Hermawan 40, warga Jalan Roa Malaka, Rorotan CIlincing Jakarta Utara.

Hal senada disampaikan Surya Ali 39, warga Cilincing. Ia meminta agar petugas segera melakukan penertiban terhadap pak ogah yang kian hari jumlahnya makin menjamur. Disepanjang Jalan Raya Cacing sekitar puluhan pak ogah sibuk memanfaatkan macet untuk meminta uang kepada sopir. Merekapun tak segan-segan menggunakan kekerasan meminta kepada pengemudi. "Saya juga heran mereka itu kok engga ditertibkan, padahal sudah meresahkan banyak pengguna jalan" tuturnya.

Hasil pantauan dilokasi, puluhan pak ogah banyak ditemukan di Jalan Raya Plumpang-Semper, Jalan Raya Cakung-CIlincing, Jalan Raya Tugu, Jalan Raya Kramat Jaya (Jalan Dukuh), Jalan Jampea, Jalan RE Martadinata, Jalan Lodan, Jalan Arteri Marunda, Jalan Raya Cilincing, Jalan Teluk Gong dan Depan Gedung VOC, Penjaringan.

"Kami engga pernah takut mas! kalau ditangkap petugas, nanti juga ada pengurus yang mengurusi kami jika tertangkap" tutur Edi 30, pak ogah yang biasa mengatur di Jalan Plumpang-Semper.  Dijelaskan, dalam satu hari ia bersama enam rekannya bisa menghasilkan uang sebesar Rp 200 ribu dibagi enam orang. Bahkan jika terjadi kemacetan penghasilan bisa lebih. "Habis mau kemana lagi bekerja mas! nodong ditangkap polisi, mendingan jadi pak ogah" cetusnya.


(bian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar