Jumat, 08 Juli 2011

Buruh KBN Cemas! Jelang Lebaran Habis Kontrak Kerja

CILINCING- Ratusan buruh yang bekerja di pabrik kawasan KBN, Cilincing mulai cemas memasuki bulan puasa dan lebaran berdampak masa kontrak kerja mereka mulai habis. Pasalnya hal ini sudah sering terjadi pengalaman tahun sebelumnya. Nina 34, buruh di salah satu pabrik di KBN saat ditemui istirahat kerja, dirinya merasa cemas mengingat status kerjanya hanya sebagai buruh kontrak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang puasa dan lebaran pihak perusahaan akan melakukan penghabisan masa kontrak kerja.

"Memasuki puasa biasanya banyak buruh yang habis masa kontraknya, padahal kontrak kerjanya sampai satu tahun" ujar Nina 24, mengaku tinggal di pemukiman Sukapura, Cilincing Jakarta Utara.

Hal senada disampaikan Ayu Anggaraini 27, Buruh PT Rismar di KBN Cilincing. Dirinya baru saja selesai masa kontrak kerjanya pada akhir bulan juni 2011 lalu. Hanya uang gaji yang diterimanya. "Udah engga aneh mas! kalau pabrik di KBN ini dalam menentukan kontrak kerja dan penerimaan pegawai dihitung sampai waktu sebelum lebaran, jadi mereka bebas tidak membayar kami THR " sahutnya.

Dirinya sangat sedih apalagi kebutuhan saat puasa dan lebaran nanti membutuhkan banyak biaya, belum lagi harus mengeluarkan biaya pendidikan anak."Engga tahu mas! ini lagi nyari-nyari kerja siapa tahu perusahaan butuh pekerja borongan" sahutnya.Baik Ayu dan Nina merupakan salah satu potret wajah ratusan buruh yang nasibnya hanya bisa lapang dada. Ia berharap instansi berwenang yakni Sudin Nakertrans Jakut melakukan pengecekan atau pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan yang membuat aturan yang banyak merugikan buruh dan ketidakadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar