Rabu, 06 Juli 2011

Usai Panen, Petani Minta Harga Pupuk Dan Bibit Tidak Naik!

ROROTAN- Ratusan petani di Cilincing yang bermukim di kawasan Rorotan dan Marunda, melakukan panen raya. Panen yang baru bisa dirasakan tahun ini dimana sebelumnya mereka mengalami kegagalan lantaran cuaca tak mendukung. Meski ratusan petani merasakan panen namun tetap mencemaskan usai panen.

"Biasanya kalau usai panen, harga-harga untuk bibit dan pupuk naik mas! inilah terkadang beras produksi sendiri jadi naik lantaran ulah tengkulak" ujar Mista 38, salah satu petani di Rorotan.

Hal senada disampaikan, Sanusi Petani di RT 2/5 Marunda, Cilincing. Meski dirinya nampak gembira dan senang bisa panen tahun ini, namun ia berharap agar pemerintah memperhatikan nasib petani yang semakin hari kian terpinggirkan. Apalagi sebagian besar yang lahan yang ditanam merupakan tanah garapan.

"Kalau bisa di kawasan Marunda dan Rorotan bisa dijadikan kawasan pelestarian lahan persawahan, agar nasib petani tidak terpinggirkan" ujarnya.

Ditambahkan Sawani 50, panen kali ini memang sangat bagus, namun tidak seperti tahun 2010 lalu yang mengalami kegagalan dua kali panen. Kerugianpun dirasakan hingga belasan juta.

"Kalau bisa baik petani mandiri dan kelompok untuk mendapatkan bibit,pupuk dan pestisida harganya tidak melonjak. Sebab kalau usai panen hargapun naik tak terkira" ujarnya.

Sekedar diketahui, setiap satu hektar lahan persawahan, petani membutuhkan 7 sampai 8 kantong bibit. Setiap kantongnya seharga Rp 40 ribu. Begitu juga untuk pupuk. Satu kuintalnya seharga Rp 100 ribu. Untuk lahan satu hektar dibutuhkan 8 kuintal. Belum lagi pestisida dan membayar upah penggarap serta pemeliharaan irigasi air " Untuk memberikan upah penggarap sawah usai panen biasanya borongan bisa mencapai Rp 1 juta" kata Sawani.

Iapun berharap pemerintah bisa memberikan bantuan terutama soal mesin pompa air kepada nasib petani. Mengingat sering kali petani mengalami kegagalan panen lantaran tidak mendapatkan pasokan air ke lahan persawahan. (bian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar